Daerah

Sekdes di Pesawaran Nambah Ilmu Kearsipan

GEDONGTATAAN- Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Sekertaris Desa Kabupaten Pesawaran guna meningkatkan sumber daya manusia aparatur yang terampil dan profesional.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang diwakili oleh Asisten I Pemerintah Kabupaten Pesawaran Syukur menuturkan bahwa untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih serta meningkatkan pelayanan publik maka harus didukung oleh sistem penyelenggaraan kearsipan yang komperehensif.

“Dengan demikian, aparatur harus memiliki pengetahuan dan keterampilan serta wawasan yang luas guna menunjang kelancaran dan suksesnya tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, ” tutur dia.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Totok Sulistyo mengatakan bahwa tujuan dari Bimtek kearsipan adalah untuk memahami dan memiliki pengetahuan.

“Bimtek yang dilakukan kepada 36 Sekretaris Desa untuk memahami dan memiliki pengetahuan serta wawasan tentang tata cara pengelolaan kearsipan desa yang sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan bidang kearsipan yang berlaku, ” kata dia.

Lebih lanjut, Kabid Kearsipan Dewi Elina memaparkan, bimtek untuk memahami dan mengetahui tentang pengelolaan arsip dinamis. Juga memahami dan mengetahui tentang pengelolaan arsip statis dan dapat menyusun serta menata menjaga arsip-arsip yang ada di desa masing-masing,”paparnya.

“Materi yang akan disampaikan pada peserta bimtek kearsipan bagi para sekretaris desa dilingkungan pemerintah Kabupaten Pesawaran. “Materinya, pengantar kearsipan. Tata naskah dinas, pemberkasan dan klasifikasi arsip dan pengelolaan arsip dinamis, statis. Juga penyusutan arsip dan praktek pemberkasan,” pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut bertempatan di Hotel Regency, Tambah Rejo Barat Kecamatan Gading Rejo, Pringsewu, Rabu (21/11).Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni tanggal 21-22 November 2018. Serta sebagai Nara Sumber dari Arsiparis Muda Arsip Nasional Indonesia Aan Abdurachman dan Kepala Subdirektorat Daerah IIB Gunawan serta Kasi Pembinaan Kearsipan Kabupaten Pesawaran Yunnaini Susmira Amandati. (Acp).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top