Radar Radio

Pendidikan

SDN Bumisari Beri Tambahan Gizi ke Murid, Begini Caranya,,,

Lampung Selatan – SDN Bumisari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan memberikan makanan tambahan kepada seluruh murid. Hal itu dilakukan kareana kesadaran akan pentingnya aupan gizi untuk meningkatkan daya belajar anak di sekolah.

Tiap pekan pada hari jum’at, sekolah ini memberikan makanan tambahan berupa bubur kacang hijau kepada seluruh murid. Kepala SDN Bumisari, Herlinawati M.Pd mengatakan, program tersebut dimulai dari awal tahun ajaran baru 2018-2019. “Kegiatan ini adalah salah satu program UKS yang mana pengadaan bubur itu sendiri kami melibatkan orang luar untuk membuat makananya. Dan bubur ini diperuntukkan semua siswa kelas 1 sampai kelas 6,” ujarnya.

Teknisnya, lanjut Herlina, seperti biasa siswa diminta membawa cangkir dari rumah. Sengaja pihak sekolah tidak menyiapkan gelas plastik atau mangkuk sekali pakai, karena untuk meminimalisir sampah. Karena kalau pakai gelas plastik maka akan menambah saja. Jadi mereka diminta untuk membawa cangkir atau mangkok beserta sendok dari rumah,” ujarnya.

Kemudian, pihak sekolah selain memberikan tambahan gizi ke anak tapi juga memberikan tambahan pendidikan karakter. Sebab, saat pembagian bubur murid diminta antri dengan memegang cangkir masing-masing, mengantri berbaris rapi dan dilayani guru. “Ini juga sebagai pendidikan karakter dan kemandirian serta budaya antri,” imbuh Herlina.

“Selain itu, membiasakan anak-anak kebersamaan. Pada saat mereka makan bubur bisa berkumpul dan bercanda di lingkungan sekolah. Memang kami siapkan tempat senyaman mungkin, seperti di taman atau di taman literasi. Kami bebaskan mereka untuk mencari tempat sesuka mereka. Di sini juga kami tanamkan kebersamaan di dalam diri murid. Kenapa bubur?, sebetulnya pemberian makanan tambahan banyak macamnya bia kue atau lainnya. Bubur kami pilih karena sesuai dengan UKS kami ambil nilai gizinya. Alhamdulillah respon dari wali murid sangat positif. Di rumah terkadang mereka enggan makanan seperti ini, tapi jika bersama-sama seperti ini bisa berbeda,” tandasnya. (rdo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top