Berita Utama

Gempa 3,9 Guncang Pesawaran, Masyarakat Diminta Jangan Panik

GEDONGTATAAN-Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran Mustari memberikan warning kepada masyarakat wilayah pesisir Bumi Andan Jajam, terkait beredarnya informasi gempa di Bumi Andan Jejama.

“Masyarakat agar tidak panik. Tadi kami memang mendapatkan informasi resmi dari BMKG jika ada gempa berkekuatan 3,9 skala richter yang berpusat di wilayah Kabupaten Pesawaran,” ungkapnya.

Ia menambahakan, sejauh ini belum ada laporan terkait dampak dari gempa tersebut.

“Tapi kami sampai saat ini belum mendapatkan laporan dari masyarakat baik dari daerah pesisir atau lainnya mengenai dampak gempa tersebut, sebab kami juga langsung meminta tim dari BPBD untuk terus melakukan pemantauan,” katanya.

“Tapi saya dapat informasi justru merasakan gempa itu di wilayah Panjang, Bandar Lampung dan daerah kelumbayan antara perbatasan Kabupaten Tanggamus dan Pesawaran,” paparnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi dari BMKG pusat gempa memang terjadi di wilayah tenggara Kabupaten Pesawaran.

“Saya tadi sudah berkoordinasi dengan BMKG jika gempa bumi berkekuatan 3,9 skala richter, terjadi dengan koordinat episenter pada 5,79 LS dan 105,26 BT, atau sebaliknya di laut pada jarak 38 km Tenggara Pesawaran – Lampung, Provinsi Lampung pada kedalaman 10 kilometer,” jelasnya.

Ia menerangkan bahwa, sejauh ini pihaknya juga masih terus berkoordinasi dengan BMKG jika ada potensi gempa susulan.

“Berdasarkan informasi dari BMKG, hasil pemantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan, dan ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam kategori gempa bumi dangkal,” terangnya.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Pesawaran agar tidak panik dan tetap tenang, terutama mengenai informasi yang diragukan kebenarannya. “Kepada masyarakat di berbagai wilayah Kabupaten Pesawaran dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpecahkan oleh masalah yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”pungkasnya (Acp).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top