Radar Radio

Berita Utama

Desa Bumisari Deklarasi ODF

Natar – Desa Bumisari, Kecamatan Natar, Lampung Selatan mendklarasikan sebagai desa ODF atau bebas buang air besar sembarangan. Acara dilakukan di halaman balai desa setempat, Rabu (19/12). Hal ini menjadi yang pertama di Natar yang benar-benar murni ODF dari desa.

Kepala Desa Bumisari Yosar Supriono, S. E mengatakan penggalakan ODF Lampung Selatan dimulai pada pertengahan 2017 tang artinya Dana Desa Tahap III. “Jadi melihat itu secara logika untuk murni ODF dari desa jelas tidak mungkin pada tahun 2017. Oleh karena itu kami lakukan bertahap sampai akhirnya di penghujung 2018 ini desa kami benar-benar bisa bebas dari buang air besar sembarangan,” katanya.

Yosar memaparkan, desa tersebut memiliki 2300 KK dengan rumah tangga miskin betjumlah 369 KK. “Kemudian setelah kami cek langsung ke rumah-rumah warga. Maka ditemukan ada 50 KK yang belum memiliki closet dan sanitasi pembuangan air yang baik. Oleh karena itu, kami memberikan stimulan dan bantuan kepada 50 KK tersebut. Alhamdulillah, saat ini semua warga kami sudah punya closet dengan standar yang baik,” tegasnya.

Camat Natar Drs. Koharuddin mengatakan, deklarasi ODF yang dilakukan Desa Bumisari merupakan momen penting dalam mewujudkan 5 pilar STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat), yang salah satunya bebas buang air besar sembarangan. “Ini kegiatan luarbiasa. Di Natar, ini desa ke tiga yang sudah ODF, sebelumnya Sidosari, Waysari dan ini Bumisari. Dan juga ini sangat baik karena ini pemanfaatan DD dalam bidang pemberdayaan masyarakat dengan mengubah prilaku masyarakat untuk hidup bersih sehat,” katanya.

Sementara itu Staff Ahli bidang pemerintah, hukum dan politik Priyanto mengaku apresiasi kepada apa yang dilakukan Desa Bumisari. “Luar biasa komitmen yang dilakukan. Alhamdulillah dengan bersama-sama masyarakat maka bisa terwujud. Karena kalau musyawarah dan kebersamaan berjalan maka bisa maksimal dalam penggunaan dana desa. Juga Soal penanganan sampah di desa ini kami juga apresiasi bagaimana dengan adanya sistem sokli bisa merekrut tenaga kerja dari masyarakat desa setempat. Deklarasi ini juga saya anggap sebagai rasa syukur terhadap Allah SWT. Dengan begitu tidak ada lagi najis-najis dengan sudah tertibnya perilaku buang air besar masyarakat yang baik. Apresiasi juga karena baru Desa Bumisari ini yang melakukan deklarasi ODF seutuhnya murni dari desa,” ujarnya. (rdo)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top