Radar Radio

Daerah

Desa Banjar Agung Lanjutkan Pembangunan Jalan Rabat Beton

JATIAGUNG – Pemerintah Desa Banjar Agung melaksanakan Trial atau percontohan pembangunan rabat beton di Dusun I, RT 002/RW 001, Rabu (8/5). Pembangunan itu juga dikerjakan oleh masyarakat setempat yang menggunakan anggaran dana desa 2019 tahap I. Program Rabat Beton ini melanjutkan hal yang sama pada tahun lalu.

Plh. Kepala Desa Banjar Agung Apriyono mengatakan, bahwa hari ini (Rabu`red) telah dilaksanakan trial sekaligus peletakan batu pertama pembangunan yang bersumber dari dana desa oleh Camat Jatiagung, Kapolsek Jatiagung dan Danramil Tanjung Bintang.

“Pembangunan ini merupakan pemanfaatan dana desa tahun ini yang dilakukan dengan padat karya. Pada tahap pertama ini dibangunkan sekitar 75 meter yang menelan anggaran Rp51 juta,” katanya.

Menurutnya, alasan membangun dengan rabat beton ini untuk jangka panjang, karena akan lebih awet dan mudah dalam perawatannya. Pembangunan tersebut juga merupakan hasil dari musrenbang tingkat dusun sampai tingkat desa, karena jalan itu juga merupakan jalan desa yang lebar dan banyak dilalui kendaraan bermuatan berat.

“Maka setelah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, saya harap warga setempat bisa merawat dan menjaganya,” imbuh Apriyono.

Sementara itu, Camat Jatiagung Kartika Ayu, S.Sos mengatakan, bahwa tujuan trial ini adalah untuk melihat komposisi rabat beton itu, mulai dari pasir, semen, batu split sampai dengan airnya apakah sudah sesuai dengan standar K-225. Kalau memenuhi standar K-225 bisa dicontoh oleh desa lain yang membangun dengan model rabat beton.

“Alhamdulillah pembangunan ini sudah sesuai standar K-225, karena dikhawatirkan pembangunan sudah panjang berjalan tapi tidak sesuai standar. Maka saya harap pembangunan ini bisa dilanjutkan sampai selesai sesuai RAP dengan tidak merubah komposisi ini,” ujar mantan Camat Merbau Mataram itu. (dms)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top