Radar Radio

Daerah

Bangunan Wardes Karangsari Rasa “Minimarket”

Lampungselatan – Desa Karangsari, Kecamatan Jatiagung, Lampungselatan rampung mendirikan bangunan BUMDes dalam bentuk warung desa (wardes) yang sangat representatif. Bahkan, jika dilihat sudah seperti minimarket atau toko modern pada umumnya. Dengan itu, Bumdes tersebut bercita-cita menjadi salah satu yang terbaik di kabupaten setempat.

Kepala Desa Karangsari Romsi membeberkan, bangunan itu dibuat bukan “sembarangan” tetapi selain memperhatikan lokasi tetapi juga bentuk dan keindahan bangunan. “Kami bangun BUMDes dengan luas tanah 100 meter dan bangunan 10X9 meter dibuat dua pintu. Nampak depan kami profil semua supaya semakin terlihat baik,” katanya beberapa hari lalu.

Romsi juga menjelaskan kenapa lebih memilih membangun gedung ketimbang menyewa seperti kebanyakan BUMDes di tempat lain. “Alasannya karena bila menyewa ditakukan justru membuat keuangan BUMDes Defisit. Karena, di wilayah kami yang dekat dengan Kotamadya Bandarlampung sewa tempat sudah mahal. Jadi kami bangun sendiri. Nah dengan bangunan sudah baik seperti ini kedepannya mudah-mudahan tinggal memikirkan usahanya jangan sampai defisit atau rugi,” ujar Ketua Apdesi Jatiagung itu.

Rencananya, Wardes tersebut menjual keperluan petani seperti bibit, pupuk dan obat-obat tanaman. “Untuk memudahkan warga kami juga yang masih banyak petani. Namun, kedepan dilihat perkembangannya juga seperti apa pengurus BUMDes ini hendak menambah jenis jualan apa, bisa sembako atau juga ditambah jenis usaha simpan pinjam,” urai Romsi.

Soal anggaran pembangunan, Romsi secara gamblang membeberkan nominal modal yang dipakai untuk membangun tempat usaha desa tersebut. “Memang sementara masih memakai tanah saya. Namun, mudah-mudahan berkembang dan nanti bisa menjadi milik pemerintah tanahnya juga. Anggaran ini menelan sekitar Rp180 juta,” tegasnya. (rdo)

Proses pembangunan Wardes Karangsari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Radar Radio adalah jaringan media yang menyajikan berita terkini dan merupakan bagian dari Radar Lampung Group – Fajar Indonesia Network (FIN).


GRAHA PENA LAMPUNG
Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton, Bandar Lampung Telp : (0721) 782306

Copyright © 2018 Radar Radio

To Top